Thursday, March 1, 2007

Kodak V570 yang Dua Lensa


Sebenarnya aneh juga sih pertama kali melihat Kodak V570 yang punya dua lensa. Dan rasanya koq pemborosan amat? Tapi setelah menyimak alasannya kodak membuat kamera dengan 2 lensa tersebut, saya malah kagum dengan kamera tersebut. Ya kagum, karena saya menilai, untuk sebuah kualitas gambar, kodak tidak mengenal kata kompromi, walau tindakannya dianggap tidak biasa. Satu kamera, dengan dua lensa. ( Kasus ini jangan disamakan dengan kamera jaman dulu rollei, karena kasusnya tidak sama)
Oke, Kodak menanamkan 2 lensa pada V570 itu dengan alasan agar didapat sudut lensa yang sangat lebar, yaitu 23mm, dan tidak meninggalkan selera konsumen fotografi kita, yaitu lensa zoom. Untuk mendapatkan fasilitas zoom, dengan sudut lensa yang sangat lebar itu, mungkin Kodak berhadapan dengan buah simalakama. Apakah kualitas dipertahankan, tetapi lensa tidak bisa mencapai 23mm, atau bisa mencapai lensa lebar 23mm, tapi lensa itu bukan lensa zoom. Dan akhirnya Kodak menanamkan kedua lensa itu sekaligus. Hebat!
Memang baru kali ini saya menemukan kamera poket dengan lensa yang sangat lebar, 23mm. Saat itu kebanyakan lensa lebar hanya 35mm, atau paling banter 28mm. Jadi dengan fasilitas lensa seperti ini, Kodak sempat menawan hati saya. Maklum, saya memang suka dengan lensa lebar.
Dalam pemakaian, body nya yang terasa kokoh, karena bahannya metal, tapi sayang dipegangnya agak licin, dan kurang ergonomis. Dimensi kamera cukup tipis, tapi sayang agak memanjang.
Ketika kita mengatur tombol zoom ke 23mm, maka lensa 23mm fix itu yang bekerja, sedangkan lensa yang satunya (lensa zoom) dimatikan. Sebaliknya jika kita menarik tombol zoom itu ke tele, maka lensa zoom yang digunakan, dan lensa fix nya mati. Untuk konsumen awam, mungkin pemindahan lensa itu tidak terasa, jadi seperti menggunakan kamera biasa pada umumnya.
Hasil foto bisa diandalkan, dengan warna yang baik, pengukuran cahaya yang baik, dan ketajaman yang baik pula, dan jangan lupa, lensa lebarnya itu sungguh mempesona. sayangnya, syarat saya yang pertama untuk sebuah "kamera teman sehari hari" adalah kecepatan, makanya tidak menjadi pilihan saya menggantikan LUMIX FX9. Kodak V570 ini tidak lelet, tapi belum secepat yang saya harapkan.

1 comment:

Veny said...

Fann ,
seneng de g ada e yg ngarti kamera , g sih bukan ahli poto , g suka jeprat jepret aja buat visualisasi di Blog gw ,
tapi kalo poto lbh klinclong emang sih tampilan Blog gw pasti lebih enak . he222
baru2 ini g pake Ixus 65 , nah ini hasilnya krg sipp menurut gw , ntar e liat deh yah di liputan g baru2 ini ke Padang .
kalu sempet g baca2 Blog e lagi , biar ada ilmu dikit2 , thanks yah !!